bobo' ah ===>>>

Photobucket

Jumat, 30 September 2011

4 Komponen Penting Dalam Sarapan





4 Komponen Penting Dalam Sarapan


Tak peduli seberapa sibuknya aktivitas yang harus dikerjakan, penting bagi kita untuk mengisi bahan bakar tubuh, sehingga energi kita terpenuhi sepanjang hari. Namun, di dalam sarapan itu sendiri, harus kita sadari, seberapa sehatkah kandungan sarapan yang kita konsumsi, dan zat-zat apa saja yang dapat meningkatkan kualitas tubuh kita.Sarapan yang baik mengandung 4 komponen penting bagi tubuh, yaitu:
1. Karbohidrat
Karbohidrat memegang peranan penting dalam tubuh kita. Selain berfungsi sebagai bahan bakar tubuh, karbohidrat juga berfungsi sebagai cadangan energi di dalam proses metabolisme. Beberapa orang meyakini bahwa karbohidrat adalah zat yang harus dihindari dalam proses penurunan berat badan. Faktanya, untuk mendapatkan sarapan yang lebih bermanfaat, tubuh kita memerlukan karbohidrat yang cukup.
Karbohidrat dapat kita peroleh dari kentang, pisang, biji-bijian, singkong, jagung, dan nasi yang sehari-hari menjadi makanan pokok kita pun, kaya akan karbohidrat. Pilihan lain juga dapat Anda temukan pada Oat dan serealia, terutama bagi Anda yang ingin berdiet. Dengan mengonsumsi karbohidrat yang cukup, dan diimbangi bersama zat penting lainnya, maka tubuh kita akan senantiasa sehat dan bugar.
2. Nutrisi
Nutrisi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, dan pemeliharaan kesehatan. Nutrisi didapat dari makanan dan cairan yang selanjutnya diasimilasi oleh tubuh. Nutrisi banyak terkandung di dalam buah-buahan seperti stroberi, apel, pir, dan pepaya. Tak hanya buah, sayuran pun memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya. Sehingga, agar menjadi kesatuan yang sempurna, tambahkan sayur dan buah-buahan di dalam menu sarapan Anda.
3. Protein
Zat yang satu ini, sangat berguna bagi Anda yang sedang menjaga porsi makan. Pasalnya, protein membuat perut kita senantiasa kenyang, sehingga nafsu makan lebih terkontrol. Sumber protein dapat kita peroleh dari biji-bijian, kentang, susu, dan juga telur. Dengan mengonsumsi protein yang cukup, akan sangat menguntungkan bagi kinerja tubuh dan otak kita. Sehingga untuk memenuhi kadar protein kita, telur dan ayam panggang sangat dianjurkan sebagai menu sarapan di pagi hari.
4. Lemak dan Omega-3
Pernahkah Anda bayangkan bahwa nilai gizi sebuah telur bukan hanya terdapat pada putihnya saja, tapi kuning telur juga mengandung banyak manfaat bagi tubuh kita. Telur merupakan makanan yang tinggi akan kandungan kolesterol rata-rata 200 mg/butir dan mengandung Asam Omega-3. Namun banyak dari mereka menghindari kuning telur, karena dianggap memiliki kandungan protein hewani tinggi, yang dapat mengakibatkan kolesterol. Akan tetapi, selama kita mengonsumsi telur dengan seimbang, yakni 1-2 butir per hari, telur tetap dianjurkan sebagai pilihan sehat dalam menu sarapan sehari-hari.
Jadi, lebih bijaklah dalam memilih menu sarapan sehari-hari Anda. Dengan mengonsumsi asupan secara seimbang, olahraga teratur, dan memperbanyak minum air putih, minimal 8 gelas per hari, maka tubuh kita akan lebih sehat dan segar sepanjang hari.

sumber :KapanLagi.com -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar