bobo' ah ===>>>

Photobucket

Kamis, 31 Maret 2011

Seks Menopause

Masa menopause adalah masa menurunnya berbagai hormon pada usia lanjut. Akibatnya pasangan yang mengalami menopause mengalami berbagai keluhan dalam menaiki puncak kenikmatan dalam berhubungan seksual.

Salah satu masalah yang dihadapi banyak perempuan yang mengalami menopause ialah rasa sakit ketika melakukan hubungan seksual dan menurunnya dorongan seksual. Hormon yang berkaitan dengan gangguan fungsi seksual itu adalah hormon testoteron dan esterogen.

Penurunan hormon testoteron menyebabkan dorongan seksual menurun. Gangguan juga terjadi pada reaksi vagina terhadap rangsangan seksual. Disisi lain, terjadi hambatan perlendiran vagina, sehingga perempuan yang sudah menopause mengeluh “kering” walaupun merasa terangsang.

Akibatnya, timbul rasa sakit ketika melakukan hubungan seksual. Tentu saja rasa sakit ini akan mengganggu. Kalau hubungan seksual tetap dipaksakan, tentu akan menimbulkan akibat lebih buruk lagi bagi hubungan pribadi suami istri.

Caranya adalah konsultasikan masalah ini kepada dokter seksolgi untuk mendapatkan pemaparan lebih dalam lagi. Karena ini menyangkut masalah hormon penuaan yang membutuhkan penanganan khusus.

Namun bagi siapapun hendaknya kita tingkatkan kualitas hidup sehat secara menyeluruhan serta memperbaiki fungsi seksual yang kini mulai lemah karena disfungsi organ.

sumber: perempuan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar