bobo' ah ===>>>

Photobucket

Sabtu, 26 Juni 2010

Diare

Diare sebuah penyakit di mana penderita mengalami buang air besar yang sering dan masih memiliki kandungan air berlebihan.



Diare


adalah peningkatan volume dan frekuensi buang air besar (BAB) atau peningkatan gerakan usus. Diare merupakan gejala dari masalah kesehatan lainnya, seperti infeksi atau virus. Diare kronis selama lebih dari 4 bulan bisa menjadi tanda penyakit yang serius, seperti infeksi peradarangan usus



Penyebab:

Kondisi ini dapat merupakan gejala dari luka, penyakit, alergi (fructose, lactose), penyakit dari makanan atau kelebihan vitamin C dan biasanya disertai sakit perut, dan seringkali enek dan muntah. Ada beberapa kondisi lain yang melibatkan tapi tidak semua gejala diare, dan definisi resmi medis dari diare adalah defekasi yang melebihi 200 gram per hari. Hal ini terjadi ketika cairan yang tidak mencukupi diserap oleh usus besar. Sebagai bagian dari proses digestasi, atau karena masukan cairan, makanan tercampur dengan sejumlah besar air. Oleh karena itu makanan yang dicerna terdiri dari cairan sebelum mencapai usus besar. Usus besar menyerap air, meninggalkan material yang lain sebagai kotoran yang setengah padat. Bila usus besar rusak atau "inflame", penyerapan tidak terjadi dan hasilnya adalah kotoran yang berair.


Diare kebanyakan disebabkan oleh beberapa infeksi virus tetapi juga seringkali akibat dari racun bakteria. Dalam kondisi hidup yang bersih dan dengan makanan mencukupi dan air tersedia, pasien yang sehat biasanya sembuh dari infeksi virus umum dalam beberapa hari dan paling lama satu minggu. Namun untuk individu yang sakit atau kurang gizi, diare dapat menyebabkan dehidrasi yang parah dan dapat mengancam-jiwa bila tanpa perawatan. Diare dapat menjadi gejala penyakit yang lebih serius, seperti disentri, kolera atau botulisme, dan juga dapat menjadi indikasi sindrom kronis seperti penyakit Crohn. Meskipun penderita apendistis umumnya tidak mengalami diare, diare menjadi gejala umum radang usus buntu. Diare juga dapat disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan, terutama dalam seseorang yang tidak cukup makan. Perawatan untuk diare melibatkan pasien mengkonsumsi sejumlah air yang mencukupi untuk menggantikan yang hilang, lebih baik bila dicampur dengan elektrolit untuk menyediakan garam yang dibutuhkan dan sejumlah nutrisi. Untuk banyak orang, perawatan lebih lanjut dan medikasi resmi tidak dibutuhkan.



Diare di bawah ini biasanya diperlukan pengawasan medis:


* Diare pada balita
* Diare menengah atau berat pada anak-anak
* Diare yang bercampur dengan darah.
* Diare yang terus terjadi lebih dari 2 minggu.
* Diare yang disertai dengan penyakit umum lainnya seperti sakit perut, demam, kehilangan berat badan,dan lain-lain.
* Diare pada orang bepergian (kemungkinan terjadi infeksi yang eksotis seperti parasit)
*

Diare dalam institusi seperti rumah sakit, perawatan anak, institut kesehatan mental.



Gejala-gejala diare antara lain:


• Sering buang air besarNyeri di bagian perut (kram)
• Demam, panas dingin
• Haus
• Kehilangan berat badan
• Dehidrasi (pada bayi ditandai dengan menangis tanpa air mata, popok tetap kering selama beberapa jam).

Bila anak diare, segera bawa ke dokter jika telah terjadi dehidrasi, atau tidak mengeluarkan airmata ketika menangis



Apa yang menyebabkan diare?

Sebagian besar diare disebabkan oleh bakteri, parasit, atau virus, sering dari makanan atau air. Makan makanan yang tidak higienis dan minuman yang terkontaminasi bakteri dapat menyebabkan diare. Diare juga dapat disebabkan oleh reaksi obat (termasuk beberapa vitamin, mineral, dan tumbuh-tumbuhan). Orang-orang yang lactose intoleran bisa diare ketika mereka mengkonsumsi susu atau produk susu. Diare yang disertai darah, suhu tubuh tinggi dan terdapat nyeri hebat pada perut kemungkinan disebabkan adanya infeksi peradangan usus (Crohn’s disease) perlu parawatan dari dokter.



Penanganan Diare


1. Terapi obat Diare termasuk self-limited disease merupakan penyakit yang bisa sembuh sendiri. Namun, dalam kasus berat dapat diberikan antibiotic jika diare disebabkan infeksi bakteri. Loperamide direkomendasikan untuk diare akut ataupun kronik. Golongan adsorben seperti kaolin-pektin, attapulgit digunakan untuk mengatasi gejala dimana mereka bekerja menyerap toksin.
2. Nutrisi dan suplemen
• Beras jelai atau air, sayuran segar juices (khususnya wortel dan seledri), miso broth, atau lainnya broths jelas membantu memulihkan benar cairan elektrolit dan keseimbangan.
• Probiotics - Lactobacillus acidophilus atau bifidobacteria yang membantu mempertahankan keseimbangan bakteri (flora normal) pencernaan.
• Glutamine (3000 mg tiga kali per hari) dapat membantu mengobati diare yang disebabkan oleh iritasi pada lapisan usus.
• Untuk orang dengan lactose-intoleran sebaiknya mengkonsumsi enzim lactase sebelum makan produk susu.
3. Tumbuh-tumbuhan (herbal) Jangan menggunakan tumbuh-tumbuhan untuk mengatasi diare sebelum konsultasi dulu dengan tenaga kesehatan, karena jika diare disebabkan karena infeksi, maka hal tersebut akan memperparah kondisi. Biasanya penggunaan tumbuh-tumbuhan tersebut digunakan sebagai teh.








Zat-zat aktif yang terkandung dalam tumbuh-tumbuhan:




Astringent tumbuhan, seperti daun blackberry (Rubus fruticosus) atau frambos daun (Rubus idaeus) membantu penyerapan cairan ke dalam membrane intestinal (usus). Dengan cara: membuat teh dengan 1 sendok teh daun yang kering per cangkir, kemudian diminum ½ cangkir per jam.

Serbuk carob (Ceratonia siliqua) yang kaya serat, diambil dari 1,5 g per 2,2 pon atau per kg berat badan. Dengan cara: melarutkan serbuk ke dalam air seperti pedialyte.

Ekstrak bilberry (Vaccinum myrtillus) juga mempunyai khasiat sebagai astringent. Jangan mengkonsumsi bilberry jika Anda juga mengkonsumsi obat antikoagulan.

Quercetin (250 - 500 mg dua sampai empat kali per hari), tanaman berbasis flavonoid, dapat membantu mengurangi radang.

Kamomil (Matricaria recutita) biasanya diambil sebagai teh. Larutkan 3 - 4 g bubuk (sekitar 3 sendok teh.) dalam 1 cangkir air panas, air hangat atau air dingin. Minum tiga kali per hari.
• Akar Marshmallow (Althea officinalis) dapat diambil sebagai air teh dingin. Rendam 2 potong akar dalam 1 liter air semalam. Minuman sepanjang hari.


Bubuk Slippery Elm (Ulmus fulva) atau bubuk akar marshmallow (Althaea officinalis) dapat mendinginkan perut.





Antidiare Antidiare adalah obat yang diberikan untuk mengatasi gejala diare.

Tipe
* Larutan elektrolit yang digunakan untuk menggantikan cairan yang hilang dan garam-garam pada kasus akut.
* Agen yang besar seperti metilselulosa, gum guar, atau serat tanaman untuk mengatasi diare pada penyakit fungsional dan mengontrol pengeluaran ileostomi.
* Sebagai absorben zat raacun yang menyebabkan dare infektif. Metilseluosa merupakan absorben yang baik.
* Opiat yang transit lambat pada intestinum. Loperamid merupakan obat yang sering digunakan, namun ia tidak memiliki efek narkotik biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar